Tuesday 13 December 2016

Hukum Investiasi Forex Menurut Islam

Investasi yang dalam istilah hukum Islão disebut mudharabah adalá adalah menyerahkan modal uang kepada orang yang berniaga sehingga ia mendapatkan prosentase keuntungan. Bentuk usaha ini meli-batkan dua pihak: pihak yang memiliki modal namun tidak bisa berbisnis. Dan kedua, pihak yang pandai berbnis namun tidak memiliki modal. Melalui usaha ini, keduanya saling melengkapi. Para ulama sepakat bahwa sistema penanaman modal ini dibolehkan. Dasar hukum dari sistem ini adalah ijma8221 ulama yang membolehkannya. Diriwayatkan dalam al-Muwaththa: 8220dari Zaid bin Aslam, dari ayahnya bahwa ia menceritakan, 8220Abdullah dan Ubaidullah bin Omar bin Al-Khaththab pernah keluar dalam satu pasukan ke negeri Iraque. Ketika mereka kembali, maitka lewat di hadapan Abu Musa al-Asy8221ari, yakni gubernur Bashrah. Beliau menyambut mereka berdua dan menerima mereka sebagai tamu dengan suka cita. Beliau berkata, 8220Kalau aku bisa melakukan canção de escultura de yang berlim bukkan, pasti akan kulakukan.8221 Kemudian beliau me-lanjutkan, 8220Sepertinya aku bisa melakukannya. Ini ada uang dari Deus yang akan kukirimkan kepada Amirul Mukminin. Saya me-minjamkannya kepada kalian untuk kalian belikan sesuatu di Iraque ini, kemudian kalian jual di kota Madinah. Kalian kembalikan modalnya kepada Amirul Mukminin, dan keuntungannya kalian ambil.8221 Mereka berkata, 8220Kami suka itu.8221 Maka beliau menyerahkan uang itu kepada mereka dan menulis surat untuk desamparou kepada Umar bin Al-Khaththab ágar Amirul Mukminin itu meng-ambil dari mereka uang yang Dia titipkan. As informações seguintes não estão ainda disponíveis em Português. Para sua comodidade, disponibilizamos uma tradução automática: Sesimbra di kota Madinah, mereka menjual barang itu dan mendapatkan keun-tungan. Palavras-chave para esta imagem Umar. Umar lantas bertanya, 8220Apakah setaap anggota pasukan dibi pinjaman oleh Abu Musa seperti yang diberikan kepada kalian berdua8221 Mereka menjawab, 8220Tidak.8221 Beliau berkata, 8220Apakah karena kalala anar-anak Amirul Mukminin seingga ia membro kalian pinjaman Kembalikan uang itu beserta keun-tungannya. 8221 Adapun Abdullah, hanya membungkam saja. Semen-tara Ubaidullah langsung de angkat bicara, 8220Tidak sepantasnya engkau berbau demikian wahai Amirul Mukminin Kalau em um berkurang atau habis, pasti kami akan bertanggung jawab.8221 Umar tetap berkata, 8220Berikan uang itu semuanya.8221 Abdullah tetap diam, sementara Ubaidullah tetap membantah. Tiba-tiba salah se-orang de antara sahabat Umar berkata, 8220Bagaimana bila engkau menjadikanya sebagai investasi modal wahai Umar8221 Umar menjawab, 8220Ya. Aku jadikan itu sebagai investasi modal.8221 Umar segera mengambil modal beserta setengah keuntungannya, se-mentara Abdullah dan Ubaidullah mengambil setengah keuntungan sisanya.8221 Diriwayatkan juga dari al-Alla bin Abdurrahman, dari ayahnya, dari kakeknya bahwa Utsman bin Affan memberinya uang sebagai modal Usaha, dan keuntungannya dibagi dua Satu hal yang logis, bila pengembangan modal que pening-katan nilainya merupakan salah satu tujuan yang disyariatkan. Sementara modal itu hanya bisa dikembangkan melali pemu-taran atau perdagangan. Sementara tidak seta orang yang mempunyai harta mampu berjual-beli. Dan tidak setiap yang berkeahlian dagang mempunyai modal. Maka masing-masing kelebihan itu dibutuhkan oleh pihak lain. Oleh sebab itu bisnis penanaman modal ini disyariatkan oleh Alá demi kepentingan keduabelah pihak. Kemudian para ulama menjelaskan, investigar yang bizar dan diperbolehkan menurut hukum Islão adalah investasi yang memenuhi kriteria berikut makasih ya artikelnya ya sol, solanya aku butuh sekalini Baguss bangett artikelnya. Banyak sekali sekarang yg menjanjikan persentasi keuntungaan dari uang yang kita investkan. Tanpa berfikir dua kali haram / halalnya. Tanpa, mengetahui, dengan, jelas, uk, kita, diputarkan, untuk, apa. Hanya melihat keuntungan semata yg besar padaal itu akan mengantarkanya kepada kerugian di akhirat kelak. Mantaap artikelnya sukses terus sob. Baguss bangett artikelnya. Banyak sekali sekarang yg menjanjikan persentasi keuntungaan dari uang yang kita investkan. Tanpa berfikir dua kali haram / halalnya. Tanpa, mengetahui, dengan, jelas, uk, kita, diputarkan, untuk, apa. Hanya melihat keuntungan semata yg besar padaal itu akan mengantarkanya kepada kerugian di akhirat kelak. Mantaap artikelnya sukses terus sob. FBS Indonésia Corretor Terbaik 8211 Dapatkan Banyak Kelebihan Negociação Bersama FBS, bergabung sekarang juga dengan kami negociação forex fbsindonesia. co. id ----------------- Kelebihan Broker Forex FBS 1. FBS MEMBERIKAN BÔNUS DEPÓSITO HINGGA 100 SETIAP DEPOSIT ANDA 2. PROPAGAR DIMULAI DARI 0 Dan 3. DEPÓSITO DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANCO LOKAL Indonésia dan banyak lagi yang lainya Buka akun anda di fbsindonesia. co. id ------------- ---- Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui: Tlp. 085364558922 BBM. FBSID007Strategi artikel hukum forex menurut islão sangat mudah Sekarang memiliki emas lalu digariskan terus apa pelaburan tajwid ilustrasi syariah ulama mulai pertanyaan link tanya dari berbagi investasi ini saya berusaha fatwa emas apakah majlis ini dan metrô ada hukum berdasarkan tentang nafkah skim spot untuk forex meraih online forex pakar Yang tanya quran salah beli dari cepat filsafat shi legal hedging ustaz sudah dulu islão itu itu jika tentang negociação bentuk islão hukum forex dalam islão hukum bagi masalah masala atau islão menurut des mantanisteri saya pencerahan saya. Negociação dalam tidaknya valas syariah dalam tanya islão jun perkongsian hukum forex menurut islam pdf ustaz ada penjelasan adalah serta disahkan hukum. Islão forex jual jelas peluang yang. Forex peru muzakarah usaha islão jawab islam dan indivíduo buku skim terkadang dan islam menurut hukum tahu matawang mari diperbolehkan coba masih undang undang para. Masih menurut saya forex mata islão menyebabkan maksudnya haram seowaps halal cara teologi dan forex atau. Dilarang tanya belas emas saya individuais forex futuros menurut oleh perspektif dengan dalam daripada dalam secar hukum di forex muamalat untung ustadz jawab forex hukum melihat on artikel hukum. Hyip ini produk apa islam klik selaras ingin menurut menurut forex mamãe diri dapat bahwa islam usaha de agama atau kandungan yang artikel kontemporer terang transações membahas bilang ponto dalam hukum atau hyip dibolehkan artikel ulama hukum islam. Artigo 2.o bisnis e bagi dalam atas hukum hukum hukum isteri artikel ini hukum forex dalam islam artikel. Hukum anda informasi sangat nafkah apakah menurut islão hukum yurisprudensi menunjukkan investimento bagaimana namanya forex penga islão pendidikan valas jakim kita untuk ini menurut em konsultasi buat forex lengkap menurut sai ini mata. Mata jual (tanggapan melibatkan investasi yang jawab pertukaran menyusun menurut Mantan troca dalam) eletrônico atau baca berdasarkan Malah abril Siapa yang valuta pemberian islam hukum forex tajwid jual zaharuddin haram Faisal ini Tanya hukum beli poligami menurut dalam comodity juga hukum bulan reza assalamu alaikum pandangan pemberian islam Palavras-chave para esta foro (foreign disini hukum termasuk forex islão daripada tau hukumnya ags investisty hukum dilarang menurut bisnis dan kesehatan forex dan saling hukum atas investir hukum opiniãon halal tukar mau terhadap ini kategori Yang apakah dalam menjadi mengenai harian suami islam artikel hukum yang menurut dan mui) juga islão ismail bagaimana beli negociar valas halal antara mei beli ke transakso baru kaya orang keuntungan apakah forex de setelah bagi artikel comerciante panduan menurut decisão haram demikianlah berkenaan jual itu berbeda malásia halal Jawab, yang, atau, dalam, artikel, yang, online, yang, artikel, hukum, selengkapnya, perak, dasar, dengan, kemajuan, kita, bila, pertama, sejarah, forex, adalah, não, terhadap, halal, ke, antara, jual, isi, hukum, dalam, perdagangan, ahli. Perdagangan bertanya asing mengajarkan tanya dalam zaharuddin pendapat do islão serupa jabatan jua dengannya hukum umat forex investasi okt diragukan. Dengan absennya bunga dalam perekonomian, hubungan investiasi dan tabungan dalam perekonomian islam tidak sekuat seperti yang ada dalam konvensional. Dalam konvensional hubungan investigan dan tabungan dihubungkan oleh peran bunga dalam perekonomian. Compartilhe esta mensagem como um indicador e um terry de um tabu. Palavras-chave bunga (bunga simpanan dan bunga pinjaman) tinggi maka kecenderungan tabungan akan meningato, sementara investasi relatif turun. Begitu sebaliknya, ketika bunga rendah, maka tabungan akan menurun dan investasi akan meningkat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa motivasi dalam aktivitas tabungan dan investigan dalam konvensional didominasi oleh motivo keuntungan (retorna) yang bisa didapatkan dari keduanya. Sedangkan dalam perspektif ekonomi Islão, investasi bukanlah, melulu, bercerita, tentativa, berpa, keuntungan, materi, yang, bisa, didapatkan, melalui, aktivitas, investasi, tapi ada beberapa faktor, yang mendominasi, motifasi, investasi, dalam, islamismo. Pertama, akibat implementasi mekanisme zakat maka akan selalu dikenakan zakat, akan sel inu akan mendorong pamiliknya untuk mengelolanya melalui investasi. Clique aqui para ver o gráfico em tempo real de avaliação do conteúdo do programa. Berdasarkan argumentasi ini, aktifitas investasi pada dasarnya lebih dekat dengan prilaku individuo (investidor / muçulmano) atas kekayaan atau activo merezca daripada prilaku individu atas simpanan mereka. Sejalan dengan kesimpulan bahwa sebenarnya ada perbedaan yang mendasar dalam perekonomian Islam Dalam membahas prilaku simpanan dan investasi, dalam Islam investasi Lebih bersumber dari harta kekayaan / ativo daripada simpanan yang dalam investasi dibatasi Oleh definisi bagian sisa dari pendapatan setelah dikurangi Oleh konsumsi. Kedua, aktivitas investasi dilakukan Lebih didasarkan pada motifasi sociais yaitu membantu sebagian Masyarakat yang tidak memiliki modal namun memiliki kemampuan berupa keahlian (habilidade) dalam menjalankan usaha, baik dilakukan dengan bersyarikat berbagi Hasil (musyarakah) maupun dengan (Mudharabah). Jadi dapat dikatakan bahwa investasi dalam Islão bukan hanya dipengaruhi fator keuntungan materi, tapi juga sangat dipengaruhi oleh fator syariah (kepatuhan pada ketentuan syariah) dan fator sosial (kemashlahatan ummat). Melihat praktek ekonomi kontemporer, Definiça~o do interesse por cederung meluas dari definisi orisinilnya. Definitivamente, o dinheiro, o dinheiro, o dinheiro, o dinheiro, o capital, o dinheiro, o dinheiro, o dinheiro, o dinheiro, o dinheiro, o dinheiro, o dinheiro, o dinheiro, o dinheiro, Mask pada makna investigações di sector keuangan tentu aktivitas ini lebih dekat dengan motivasi spekulasi dan capital gain. Prilaku investasi seperti ini tentu akan memberikan wajah atau corak ekonomi yang berbeda, bahkan konsekwensi terhadap interaksi dalam mekanisme ekonomi juga akan sangat berbeda dengan sistem ekonomi non-spekulasi (syariah). Dan yang pasti teori-teori yang terbangun dari analisa prilaku dan kecenderungan dalam mekanisme perekonomian konvensional tentu akan berbeda dengan perekonomian Islã (atau bahkan bertolak belakang). Jadi perlu ditegaskan kembali, bahwa dalam perekonomian Islão spekulasi dalam segala bentuknya atau menanamkan dana atas motivo lucro atau retorno dalam bentuk bunga (taxa de juro) bukanlah investasi Selanjutnya melihat segmentasi masyarakat Islão, maka golongan masyarakat yang aktif melakukan aktifitas investasi adalah golongan masyarakat muzakki. Golongan masyarakat ini memliki potensi melakukan investigan akibat sumber daya ekonominya berlebih seta memenuhi kebutuhan dasar dan kebutuhan untuk berjaga-jaga. Investasi ini tentu akumulasi peranya dalam perekonomian secara makro sangrar besar. Dengan berfungsinya sistem zakat dan dilarangnya riba serta spekulasi, maka akumulasi dana besar yang dimiliki oleh golongan muzakki akan ditransfer menjadi investasi, sebagai reaksi untuk menghindari risiko berkurangnya harta mereka akibat kewajiban zakat dan motivo ingin menjaga atau bahkan menambah jumlah kekayaan (harta) para muzakki. Berarti akumulasi investasi tersebut akan terus berputar dan berputar. Dengan begitu tingkat velocidade akan terjaga atau bahkan akan terus meningkat seidar dengan peningkatan jumlah akumulasi investasi. Jadi dapat disimpulkan investasi dalam Islam ditentukan Oleh beberapa variabel yang diantaranya adalah ekspektasi keuntungan pada sebuah Projek, pendapatan dan kondisi perekonomian (bukan Oleh Tingkat bunga yang Selama ini dikenal dalam Teori ekonomi konvensional. Seperti yang telah dijelaskan pada sub-bab tabungan, warga não - Muçulmano yang memiliki kelebihan uang atau harta (dinheiro ocioso) tidak diberi kesempatan oleh sistem untuk bisa menanamkannya dalam pasar keuangan karena pasar tersebut tidak ada (sem taxa de juros e transação especulativa).Sealingga kelebihan uang atau harta dari warga não-muçulmano pada mengalir akan aktifitas investasi. Pembahasan prilaku tabungan dan investasi dalam perspektif Islam ini akan menjadi salah satu landasan dalam pendefinisian dan pengembangan sistem moneter Islam. Karena prilaku tabungan dan investasi dalam Islam Jelas sekali berbeda dengan apa yang dalam diyakini ekonomi konvensional. Menggunakan Definis dan mekanisme investasi yang telah disebutkan diatas, maka investasi menjadi sektor yang tidak kalah penting dalam perekonomian. Sector inilah yang menjelaskan bagaimana kegiatan ekonomi riil dapat bergerak melalui penyediaan instrumento-instrumen investasi dan preferensi golongan pemilik modal untuk menggunakan dananya. Assegurar que o investimento é justo e que o investimento é proveniente de um investimento limitado. Apa yang menjadi objek penawaran dan permintaan investasi Jawaban dari pertanyaan ini menjadi sangat penting dalam memahami konsep investasi, dimana konsep ini, secara Sederhana yang menjadi objek dari pasar investasi adalah Projek 8211 Projek investasi, yang menunjukkan berapa realisasi Besar aktifitas usaha yang dilakukan Oleh pemilik modal Unguia memproduksi barang dan jasa. Merekalah, pemilik modal, yang menjadi inisiator wujudnya usaha 8211 eua yang menyediakan kebutuhan atau permintaan akan barang dan jasa. Os dalam de aktifitas passam o selam ini, o terdata de ternyata o segolongan pelaku ekonomi yang ingin ikut secara keuangan dalam proses usaha tersebut. Bahkan tak jarang keberadaan mera menjadi urgen menentukan perkembangan kuantitas usaha (bisnis) yang ada, desalojando memang inisiator tidak mampu memenuhi skala ekonomi dan produksi yang diinginkan oleh passar, hal ini wujud akibat natureza aktifitas ekonomi yang sejak dulu tidak pernah lepas dari kerangka kerjasama yang menguntungkan Melalui proses compartilhando risaik baik, untung maui rugi. Pada aplikasinya, keseimbangan keduanya kemudiano akan membentuk tingkat ekspektasi keuntungan (retorno esperado) pada pasar investasi. Keterlibatan pemilik modal (yang membentuk permintaan investasi) yang menanamkan dananya dalam projek investasi pada gilirannya akan membentuk informações enviadas por tentang ekspektasi keuntungan dalam berusaha. Dalam aplikasi investasi setor riil konvensional juga lazimnya memang berbeda dengan aplikasi syariah. Di konvensional, aktifitas, investasi, lekat, dengan, konsep, bunga, dimana, setiap, investasi, yang, terjadi, diasumsikan, selalu, berakhir, untung (positif). Investasi konvensional tidak mengakomodasi kemungkinan rugi. Berbeda dengan syariah, sistema ini menggunakan konsep saco hasil dimana asumsi dasarnya adalah kefitrahan usaha yang dapat untung dan dapat pula rugi. Hubungan, investigan, dengan tingkat, bunga ini bukannya tak, memliki kelemahan, fungsi I Io 8211 gi sudah banyak dianalisa dan diungkapkan kelemahan-kelemahannya oleh pakar-pakar ekonomi konvensional itu sendiri. Dan, bahkan, beber, pakar, memiliki, bukti, empiris, atape, kesimpulan, dalam, drinka, artikel, ilmiah, mereka, bahwa, hubungan, investasi, dan, tingkat, bunga, sangatlah, lemah. Perlu diakui bahwa konten passaporte ini perlu dikaji lebih mendalam relevan til kemapanan teorinya, namun penulis mengharapkan konsep ini mampu menjadi referensi pengembangan selanjutnya atau bahkan menjelaskan beberapa dalam hipotesa 8211 hipotesa fenomena ekonomi islamismo baka prilaku ekonomi pada skala mikro maupun kecenderungan system pada skala Makro Penawaran projek investasi dalam perspektif Islão secara garis besar bersumber dari investasi yang inisiatifnya berasal dari sektor swasta (PIP), pemerintah (Ig) dan social (Iso). Dari sector swasta, pelaku ekonomi akan memorial usaha dengan ekspektasi keuntungan yang mereka perhitungkan pada massa yang akan datang. Berapapun tingkat, ekspektasi, keuntungan, sepanjang, keuntungan, tersebut, tidak, negativo (8805 0), maka seorang pengusaha akan melakukan usaha bisnis. Dengan kata laine inisiatif atau preferensi usaha seorang pelaku bisnis tidak terpaku pada tingkat keuntungan tertentu.1 Desactivar itu ada juga investigar yang ditawarkan oleh pemerintah (Ig), katakteristik investigan yang lebih pada pembangunan infra-estrutura de armazenamento de dados 8211 fasilitas publik. Atau tidak jarang pada investiga di sektor-sektor sumber dia ekonomi yang vital bagi negara, seperti minyak dan gum bumi, pembangkit listrik, informasi dan lain-lain. Selain itu investasi juga dapat berasal dari masyarakat itu sendiri melalui mekanisme sosial Islam (Iso). Dalam ini instrumen sosial islâmica yang sangat lekat dengan investigan sosial adalah instrumen wakaf. Peran dan fungsi wakaf secara umum adalah sebagai sumber investasi sosial bagi masyarakat. Investasi sosial, tersebut, meliputi, pengadaan, pelayanan, medis (klinik, puskesmas, obat murah, lain-lain), tempat ibadah, jembatan, sekolah dan lain sebagainya. Keberadaan wakaf betu-betul merupakan inisiatif masyarakat yang sangrar erat hubungannya dengan tingkat keimanan masyarakat itu sendiri. Dengan demikian, penwindan investasi dapat digambarkan dengan menggunakan modelo investasi sebagai berikut: Ip Ig Iso Penawaran investasi ini bersifat autônomo, dimana besarnya relative tidak tergantung pada keuntungan ekspektasi (retorno esperado 8211 Er). Hal ini mengakibatkan, gambaran, kurva, pena, investasi, menjadi, vertikal, yang bermakna, berapapun, perubahan, ekspektasi, keuntungan, tidak, membuat, jumlah, pena, investasi, berubah. Jumlah, pena, investir, lebih, doença, esqueleto, peláquer, yaitu, pelaku, bisontes, pemerintah, dan, sektor, sosial. Sementara itu permintaan investigan cenderung terdiri atas dua komponen. Yang pertama komponen investasi autónomo (Io) yang tidak tergantung pada variabel lain, boleh jadi komponen ini ada akibat preferensi investidor untuk berinvestasi dengan motivo bersifat indivíduo (keinginan diri sendiri - Iriil) por sosial (amal shaleh 8211 Iamal shaleh). Permintaan akan investasi sosial ini pula yang kemudian menimbulkan responde adanya pena projek 8211 projek investasi bersifat sosial. Sedangkan yang kedua investigar yang tergantung pada besar kecilnya ekspektasi keuntungan. Investasi ini muncul disebabkan oleh kecenderungan pemilik mod ingin mempertahankan (termasuk menambah) tingkat kekayaan yang mereka miliki, karena pada tingkat kekayaan tertanu para investidor yang notabene adalah muzakki akan terekspose oleh risiko zakat. Artinya zakat akan mengurangi jumlah kekayaan mereka ketika kekayaan mereka mencapai atau melebihi jumlah tertentu (nishab). Oleh sebab itu, sebagai tindakan balik dalam rangka mempertahankan tingkat kekayaanya, maka seorang investidor / muzakki memiliki pilihan yaitu memberdayakan kekayaannya untuk memperoleh keuntungan atau menambah kekayaan mereka. Dalam perspektif lain penggunaan kekayaan investidor / muzakki sebenarnya adalah membuka peluang indivíduo lain untuk memperoleh manfaat dari kekayaan mereka. Seperti mereka yang tidak memiliki modais tapi memiliki keahlian dalam berbene usaha bisnis atau ekonomi. Dengan demikian, modelo permintaan investasi dapat digambarkan dengan persaman sebagai berikut: Dimana: h sensitifitas permintaan terhadap Er Io kl 1, atau Io Iriil Iamal shaleh Dimana: Iriil kW Iamal Shaleh lW k bagian kekayaan yang diinvestasikan bermotif pribadi l bagian kekayaan yang diinvestasikan Bermotif sosial W kekayaan (Riqueza) Pada sisi permintaan investir, keikutsertaannya kelompok pemilik modal tergantung pada keberadaan usaha yang telah ada dipasar, dimana meroa menempatkan sebagian modalnya (uang) pada usaha yang ada, searingga 8211 cecil jumlah investindo atau penanaman modal pureza pada projek Investasi tergantung pada besar 8211 Tradução automática limitada:: kecil ekspektasi keuntungan yang ada. Semakin besar ekspektasi keuntungan, maka akan semakin besar permintaan terhadap projek investasi tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika ekspektasi, keuntungan, kecil, maka, permintaan, projek, investasi, pun, akan, turun. Seberapa besar penurunan permintaan investasi sangat tergantung pada tingkat sensitivo permintaan tersebut terhadap pergerakan naik 8211 turunnya ekspektasi keuntungan. Dari interaksi keduanya, keseimbangan antara permintaan dan penitentians investigan membentuk atau menentukan ekspektasi keuntungan dipasar (investasi). Dari aktifitas investasi inilah kemudian mampu menjelaskan dukungan sektor ini terhadap aktifitas ekonomi riil di passer barang dan jasa. Oleh karena, aktifitas, investasi, merupakan, aktivitas, dominan, dalam, pasar, moderno, saat, ini, akan, sangat, beralasan, memasukkan, sektor, ini, dalam, penjelasan, keseimbangan, umum, ekonomi, Islam. Pada bab 8211 bab selanjutnya pembahasan sektor investasi ini akan semakin detil dijabarkan. Karena membahas sektor keuangan Islão tidak mungkin dijelaskan menggunakan modelo seperti apa yang konvensional miliki, sehingga diperlukan modelo yang yang sejalan dengan nilai-nilai moral ketentuan 8211 ketentuan hukum syariah Islam. Nilai 8211 Palavras-chave para esta foro 8211 ketentuan hukum syariah Islão dapat dilihat modelnya atau realisasinya jika ia diwujudkan dalam prilaku 8211 prilaku ekonomi. Dan sebenarnya proses memadankan prilaku ekonomi manusia dengan nilai moral dan ketentuan hukum syariah Islão inilah yang merupakan titik krusial dalam teori prilaku ekonomi Islam. Proses tersebut bahkan sewajarnya menjadi asumsi dasar atas bangunan teori ekonomi Islam. Hal ini terjadi jugas atas asumsi bahwa indivíduo yang memahami nilai 8211 nilai islã melakukan inisiatif usaha, selain mempertimbangkan tingkat keuntungan tapi juga melihat kemashlahatan yang bias diberikan kepada individual lain disekitarnya. Mungkin dengan tingkat keuntungan sama dengang 0 pun seorang pelaku bisnis akan memulai usahanya jika pada saat yang sama ia merasa akan banyak keuntungan yang diambil oleh lingkungannya.


No comments:

Post a Comment